Mungkinkah Keliling Empat Gili di Lombok dalam Sehari?



Mungkinkah Keliling Empat Gili di Lombok dalam Sehari?



Mungkin anda akan bertanya, Apakah Keliling empat Gili alias island hopping di Lombok dalam sehari? Bukan hal mustahil. Hal itu bisa Anda lakukan jika mengetahui caranya.

Empat Gili yang dapat dikelilingi dalam satu hari ini merupakan gugusan gili-gili cantik yang terletak di Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur. Keempat Gili tersebut adalah Gili Petagan, Gili Kapal, Gili Bidara dan Gili Kondo. Keempat gugusan gili ini merupakan spot snorkeling yang sangat indah.

 Untuk mencapai gili-gili ini dari Kota Mataram harus menempuh perjalanan darat selama kurang lebih tiga jam menuju Dusun Padak Luar (tempat penyebrangan), Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur. Rutenya yaitu: Mataram – Narmada – Kopang – Masbagik – Aikmel – Labuhan Lombok – Sambelia – Dusun Padak Luar. Jarak dari Mataram menuju tempat penyebrangan cukup jauh, usahakan berangkat sepagi mungkin, sekitar jam enam atau tujuh pagi.

 Untuk menuju Dusun Padak Luar, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua. Selain itu bisa juga dengan menyewa kendaraan. Di Mataram banyak sekali tempat penyewaan kendaraan, baik roda empat maupun roda dua. Biayanya rata-rata sekitar Rp 600 sampai 700 ribu per mobil per hari (mobil + driver + BBM) dan Rp 75 sampai 85 ribu per hari untuk kendaraan roda dua.

 Setelah tiba di tempat penyeberangan, usahakan untuk langsung menyewa boat. Biaya carter boat untuk keliling empat gili ini adalah Rp 400 ribu per perahu. Jika penumpang lebih dari 8 orang, maka biaya sewanya dihitung Rp 50 ribu per orang. Saran nih, akan lebih baik kalau sehari sebelumnya sudah booking boat lebih dulu. Setelah urusan sewa-menyewa boat selesai, island hopping di Lombok pun dimulai.

 Sepert dikutip dari keterangan pers ezytravel berikut rute gili yang akan dikelilingi:.

Keliling Empat Gili di Lombok dalam Sehari?
Ini pertanyaan yang baik, coba ikuti  rute berikut ini untuk anda

1. Gili Petagan
Tujuan yang pertama adalah Gili Petagan. Sebagian besar wilayah Gili Petagan dipenuhi oleh hutan bakau dan hanya sebagian kecil wilayahnya yang berpasir. Perairan di Gili Petagan juga masih bersih dan jernih. Anda akan dibawa berkeliling masuk ke kawasan hutan bakau Gili Petagan yang nampak seperti sungai yang berkelok dengan perahu. Pemandangannya benar-benar luar biasa. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di gili ini, seperti: berenang, snorkeling, dan berburu foto.

 2. Gili Kapal

Tujuan yang kedua adalah gili mungil nan cantik bernama Gili Kapal. Jarak Gili Kapal dari Gili Petagan sekitar 15 menit. Gili Kapal merupakan gili mungil yang hanya muncul ketika air laut sedang surut dan akan menghilang kembali ketika air laut kembali pasang. Gili Kapal hanya berupa gundukan pasir putih nan halus dan tidak ada tumbuhan yang tumbuh disini. Di Gili Kapal ini bisa berenang, snorkeling, berfoto ria atau sekedar bermain air dan ombak.

 3. Gili Bidara
Gili Bidara adalah tujuan ketiga ketika island hopping di Lombok. Gili ini hanya berjarak sepuluh menit dari Gili Kapal. Perairan di Gili Bidara sangat bersih dan jernih dan terumbu karangnya benar-benar indah. Gili Bidara adalah spot favorit untuk diving dan snorkeling. Banyak para diver professional yang telah menyelam di perairan Gili Bidara. Pasir di Gili Bidara ini sangat halus dan berwarna putih bersih. Selain snorkeling dan diving, di gili ini bisa camping, hunting foto atau cuma bermain air dan ombak. Setelah berkeliling dua gili, biasanya Gili Bidara dijadikan tempat untuk istirahat makan siang.

 4. Gili Kondo
Tujuan terakhir ketika island hopping di Lombok adalah Gili Kondo. Gili Kondo terletak di sebelah selatan Gili Bidara. Jaraknya sekitar 10 menit dari Gili Bidara. Perairan Gili Kondo sangat bersih dan jernih dan merupakan spot favorit untuk snorkeling. Terumbu karangnya sangat indah dan banyak ikan berwarna-warni yang berenang dengan bebas.

Anda tidak perlu jauh-jauh berenang ke tengah untuk menemukan gerombolan ikan, cukup 5 meter dari bibir pantai sudah dapat menemukan kawanan ikan-ikan cantik yang berenang dengan bebas. Anda juga bisa memberi makan ikan dengan menggunakan roti. Saat melemparkan roti sambil snorkeling, para kawanan ikan akan menyerbu dan sensasinya benar-benar amazing.

 Pasir pantai di Gili Kondo ini berwarna putih dan halus. Kondisi lingkungannya juga masih terjaga dan cukup bersih. Di tempat ini juga sudah ada berugaq (gazebo) untuk beristirahat. Pepohonan di tempat ini juga cukup rimbun, jadi Anda tidak usah khawatir untuk merasa kepanasan. Sumur-Rep