Beredar Foto Bekas Anggota Polri Mirip Pelaku Bom Kampung Melayu, Ini Kata Mabes Polri



Beredar Foto Bekas Anggota Polri Mirip Pelaku Bom Kampung Melayu, Ini Kata Mabes Polri

 

Polisi masih menelusuri identitas pelaku peledakan di Kampung Melayu, Jakarta Timur, Rabu (24/5) malam. Di jejaring sosial media sempat beredar foto bekas anggota polri mirip pelaku peledakan. Tetapi pihak Polri membantah keras hal itu.

"Ndak ada itu!" tegas Kadiv Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal Setyo Wasisto, Kamis (25/5).

Pria yang mirip dengan pelaku bom Kampung Melayu itu bernama Rinton Girsang. Dia adalah bekas anggota Brimob Polda Sumatera Utara berpangkat Brigadir. Secara kasat mata, tampilan fisik Rinton mirip dengan sosok pelaku fotonya tersebar melalui aplikasi pesan berantai WhatsApp.

Menurut Setyo, pihaknya belum dapat membocorkan identitas pelaku karena masih dalam proses penyelidikan.

"Pelaku masih dalam penyelidikan. Kalau diketahui akan dirilis Nanti akan kita berikan informasi lebih lanjut," janji Setyo.

Berdasarkan informasi yang beredar, Rinton sempat mengunggah surat terbuka terkait Pemberhentian Dengan Tidak Hormat (PDTH) atas dirinya. Rinton diberhentikan tahun 2013 karena memiliki masalah kejiawaan, bahkan sempat dirawat di RSJ di Medan.

"Dari hasil diagnosa yang bersangkutan (Rinton Girsang ) menderita penyakit Skizoprenia Paranoid dengan relaps 3 kali dan dinyatakan stakes 4, serta disimpulkan tidak memenuhi syarat medis untuk mengikuti penugasan sebagai anggota Polri dengan saran atau rekomendasi pensiun dini," terang Kasubbid Penerangan Masyarakat Polda Sumut, Ajun Komisaris Besar MP Nainggolan dalam rilisnya saat itu.

Skizoprenia Paranoid adalah gangguan psikotik yang disebabkan oleh kelainan pada otak, yang kemudian memunculkan kesalahan persepsi pada panca indera selanjutnya mengakibatkan gangguan yang khas dalam berpikir (delusi), persepsi (halusinasi), pembicaraan, emosi dan perilaku. Rmol